Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Aglonema

Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Aglonema - Merebaknya kembali tanaman hias akhir-akhir ini mungkin merupakan salah satu bentuk kegiatan positif selama beraktifitas di rumah gegara pandemi virus corona. Salah satu jenis tanaman hias yang digandrungi saat ini adalah jenis aglonema. Tanaman jenis ini banyak di buru dan penjualannya di pasaran sangat laris manis.

Mungkin sahabat Mommy Baiti di sini merupakan salah satu yang menyukai tanaman aglonema ini dan mempunyai banyak koleksi di rumah. Atau mungkin juga memiliki koleksi tanaman hias jenis lainnya. Pasti sangat menyenangkan ya moms melihat tanaman-tanaman in di rumah, belum lagi kalau di jual juga cukup lumayan nominalnya lho moms.

Oiya moms, tanaman Aglonema ini bisa tumbuh dengan sangat baik di daerah tropis dan mempunyai toleransi yang rendah terhadap suhu dingin ya, jadi Aglonema ini susah untuk hidup di daerah yang mempunyai suhu udara di bawah 16 derajat celcius. Dengan kata lain tanaman hias Aglonema ini sangat cocok untuk tumbuh subur di hampir semua daerah di Indonesia.

Merawat Tanaman Hias Aglonema

Nah moms apakah selama mempunyai tanaman hias jenis Aglonema ini pernah menemui kesulitan-kesulitan dalam merawatnya? Jika pernah menemui kendala seperti bagaimana agar tunas bisa tumbuh dengan cepat atau yang lainnya, ada baiknya jika mengetahui bagaimana cara memberikan perlakuan terbaik pada tanaman hias jenis ini ya moms.

Selain tampilannya yang cantik dan menarik, sebenarnya untuk merawat tanaman hias jenis Aglonema ini cukup mudah lho moms serta tidak perlu perlakuan khusus yang merepotkan pemiliknya. Kira-kira bagaimana cara merawatnya ya moms? Skuy moms kita cek yang di bawah ini :

1. Buang daun-daun yang sudah layu

Daun-daun layu yang masih menempel pada batang sangat mengganggu pemandangan dan bisa mengurangi keindahan dari tanaman itu sendiri. Oleh karenanya moms bisa memotong atau membuang daun-daun aglonema yang sudah layu agar tidak mengganggu pertumbuhan daun-daun baru dan tunas dari aglonema tersebut.

2. Lindungi dari sinar matahari langsung

Meskipun aglonema ini tidak menyukai suhu udara yang dingin bukan berarti dia suka dengan paparan sinar matahari secara langsung ya moms. Untuk merawat aglonema ini cukup dengan menempatkannya pada suatu tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung karena habitat aslinya dia tumbuh di bawah pohon-pohon rindang.

Dengan demikian aglonema ini akan tetap tumbur subur dengan daun-daun yang segar dan indah.

3. Siram tanaman secara berkala

Setiap tanaman pastinya membutuhkan asupan air untuk pertubuhan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Demikian juga dengan tanaman aglonema yang memang merupakan tanaman yang suka dengan kelembaban dan kesejukan. Eh tapi moms bukan berarti harus menyiramnya setiap saat juga lho ya.

Kekurangan air bisa menyebabkan tanaman ini mati, namun kelebihan air juga dapat membuat akar dan batangnya membusuk, jadi memang kebutuhan air ini harus disesuaikan dengan kebutuhan aglonema itu sendiri.

Siramlah tanaman aglonema ini sehari atau dua hari sekali saja, yang penting adalah media tanamnya tetap lembab atau basah jangan sampai kering. Jangan sampai berlebihan ya moms.

4. Memberi pupuk secukupnya

Untuk menjaga tanaman tetap sehat dan tumbuh dengan baik bisa dengan memberikannya pupuk. Untuk tanaman aglaonema, pemberian pupuk secukupnya saja dan berikan dalam jangka waktu tiga bulan sekali. Hal tersebut bertujuan agar tidak merusak suhu serta kepadatan dari media tanam.

Jika ingin lebih rinci lagi, aglaonema bisa ditempatkan pada media tanam dengan tingkat keasaman netralnya memiliki level di antara 6 hingga 7. Sederhananya moms bisa menggunakan campuran humus daun dan pasir dengan perbandingan 3:1 agar tanahnya tidak terlalu keras.

5. Bersihkan gulma

Untuk menjaga agar tanaman hias aglonema ini dapat tumbuh dengan subur maka sebaiknya perlu diperhatikan juga kondisi media tanamnya. Jika ada gulma atau tanaman lainnya di media tanam yang sama dengan tanaman aglonema sebaiknya segera dicabut atau dibersihkan karena dapat mengganggu pertumbuhan aglonema itu sendiri. Pastikan pada saat mencabut gulma tersebut sampai ke akar-akarnya ya moms agar tidak tumbuh lagi di kemudian hari.

6. Bersihkan daun aglaonema

Selanjutnya dalam merawat tanaman hias ini adalah dengan membersihkan atau mengelap daun-daun aglonema agar tidak proses fotosintesis tidak terganggu oleh adanya kotoran atau debu yang menempel pada daun. Selain itu agar daun-daun aglonema jadi lebih cantik, enak dipandang dan terlihat mengkilap. Untuk membersihkannya cukup memakai spon yang lembut dan halus ya moms.

Nah moms ternyata cukup mudah bukan untuk merawat tanaman hias aglonema agar tetap tumbuh subur, cantik dan menarik. Jadi tambah semangat kan mom untuk merawat aglonema.

Jenis-jenis tanaman aglonema

Tanaman hias Aglonema biasa dikenal juga dengan nama Sri Rezeki dan Chinese Evergreen, bahkan ada yang menyebutnya sebagai “ratu tanaman hias”. Popularitasnya juga semakin meningkat dari hari ke hari karena mempunyai tampilan yang lebih cantik dan menarik mulai dari warna, corak, bentuk, serta daunnya.

Menurut NASA tanaman aglaonema ini cukup efektif menghilangkan polutan di rumah lho moms, seperti formaldehida dan benzena yang ada di udara. Selain itu banyak yang menganggap tanaman hias ini bisa membawa energi positif dan keberuntungan di rumah.

Nah moms, aglonema ini mempunyai banyak varietas yang bisa dijadikan pilihan untuk hiasan di rumah baik di taman atau di teras seperti :

1. Aglonema Bidadari

Jenis aglonema ini punya warna yang khas dan cantik. Tanaman ini punya perpaduan warna kuning, jingga, merah muda dan hijau pada setiap daunnya. Dengan warna yang cukup samar-samar pada beberapa paduan warna tersebut, membuatnya jadi tanaman hias yang unik. Tak lupa, pada bagian tangkai ada bercak merah muda yang indah dan merupakan ciri khas dar aglaonema.

2. Aglaonema Widuri (red peacock)

Aglonema atau nama lainnya aglonema adalah salah satu jenis tanaman yang cukup populer dan bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah lho.

Karakteristik Aglaonema Widuri memiliki warna daun hijau dan memiliki urat berwarna merah. Tanaman ini akan semakin mahal jika urat warna merahnya semakin cerah dan mendominasi. Untuk penanam pemula, jenis aglonema ini bisa jadi pilihan karena cukup mudah untuk menanam dan merawatnya.

3. Aglaonema Suzy

Aglonema ini punya nama dan tampilan yang cantik sehingga tak asing lagi terdengar untuk penyuka tanaman hias. Aglaonema Suzy memiliki daun hijau segar dengan semburat bercak merah muda yang melintang pada bagian tengah daunnya. Namun, aglaonema jenis ini harus memiliki asupan sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan jenis aglaonema yang lain.

4. Aglaonema Silver Queen

Jenis aglaonema ini terbilang umum dan gampang ditemukan di pasaran. Selain itu, untuk menanam dan menumbuhkannya di rumah sangat mudah karena sanggup hidup dengan baik dengan berbagai kondisi dengan asupan cahaya minim hingga sedang.

Nama aglonema Silver Queen diambil dari warna tanamannya yang putih dengan kombinasi bercak hijau pada daunnya. Mama bisa tempatkan tanaman cantik ini dengan pot minimalis agar lebih cantik.

5. Aglaonema Cutlass

Jadi salah satu aglaonema dengan bentuk berbeda, jenis Cutlass ini punya fisik daun yang menjuntai mirip seperti belati. Selain wujud fisiknya, warna dari aglaonema ini pun cukup unik karena memiliki warna permukaan hijau-putih lembut dengan guratan-guratan tengah hijau gelap di tepian daunnya. Guratan yang ada itu seolah menghasilkan tampilan yang hidup meskipun ditanam di dalam atau luar ruangan.

6. Aglaonema Claudia

Berbeda dengan jenis aglaonema lain, jenis aglonema Claudia punya warna hijau pucat dan tulang dan daun merah muda pucat. Namun, uniknya semua daun dari jenis tanaman ini akan tumbuh dengan teratur. Jenis ini berasal dari Thailand dan sangat baik diletakkan di dekat jendela rumah.

Di luar itu masih banyak lagi varian dari aglonema moms. Dari beragam jenis aglonema tersebut manakah yang menjadi favoritmu moms? Sepertinya semuanya ya moms karena memang jenis tanaman hias aglonema ini cantik-cantik dan menarik. Ok moms, selalu semangat dan selamat menikmati keindahan aglonema ya.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar