Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak - Hallo moms ketemu lagi di artikel ini, semoga semua dalam keadaan sehat dan gembira ya moms. Oke moms kali ini Mommy Baiti akan mencoba berbagi mengenai penanganan ketombe pada anak. Sekedar untuk diketahui bahwa tidak hanya orang-orang remaja atau dewasa saja yang bisa ketombean, anak-anak juga bisa lho moms.

Jadi moms, saat sedang bersantai bersama si putri kecil sambil belai-belai rambutnya terlihat semacam kerak kering di kulit kepalanya. Setelah cek lebih lanjut ya memang terdapat blok ketombe. Duh jadi kasihan deh moms.

Untungnya ketombe begini tidaklah berbahaya namun tentu akan mengganggu apalagi jika timbul rasa gatalnya. Pas saatnya mandi langsung si kecil berkeramas ria untuk membersihkan kerak-kerak ketombenya. Namun sepertinya tidak cukup berkeramas sekali dua kali saja moms, karena setelah kondisi rambut dan kulit kepala kering, ketombenya mulai muncul lagi. Nah jadi bagaimana cara mengatasi ketombe pada anak?

Penyebab Ketombe Pada Anak

ketombe atau seborrheic dermatitis merupakan suatu kondisi yang terjadi pada kulit kepala dan secara umum terjadi pada anak-anak hingga orang dewas. Ketombe ini bentuknya menyerupai sisik pada kulit kepala yang berwarna putih atau kekuningan. Tidak jarang ketombe ini menyebabkan rasa gatal dan juga rentan terjadinya peradangan pada kulit. Moms silahkan baca juga jeruk nipis untuk atasi permasalahan rambut.

Tidak jarang masalah ketombe pada anak ini dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kemerahan, rasa gatal dan terjadi iritasi. Pada tahap serius ketombe juga akan dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut. Jadi kasihan kan moms kalau sampai begitu.

Seperti yang diberitakan oleh Johns Hopkins All Children’s Hospital, penyebab ketombe pada anak bisa terjadi karena kelenjar minyak dan folikel rambut menghasilkan terlalu banyak minyak kulit. Kondisi lainnya yang bisa menyebabkan ketombe pada anak antara lain yaitu :

  • Intensitas keramas yang terlalu sering atau juga terlalu jarang
  • Penggunaan Produk shampo yang tidak cocok
  • Kondisi cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas
  • Jamur yang tumbuh di kulit kepala (malassezia) yang meningkatkan produksi sel kulit mati
  • Terjadi iritasi sehingga kondisi kulit kepala menjadi meradang dengan ditandai munculnya ruam merah
  • Kondisi kulit kepala yang kering, bersisik dan pecah-pecah

Mengatasi Ketombe Pada Anak

Sahabat Mommy Baiti, saat si kecil berketombe rasanya sangat kasihan sekali karena sedikit-sedikit dia harus menggaruk rambut yang gatal dan kalau di cermati terdapat serpihan putih kecil-kecil yang menempel. Segera saja untuk mengatasi ketombe tersebut dengan meumpasnya. Nah moms untuk mengatasi ketombe pada anak agar tidak semakin parah dengan melakukan hal berikut ini :

1. Bersihkan rambut menggunakan shampo

Saat si kecil mandi bisa sekalian membersihkan rambut dengan menggunakan shampo yang cocok. Busa shampo bisa diratakan seluruh rambut dan pijat-pijat kulit kepala selama kurang lebih lima menit. Setelah itu bisa di bilas hingga bersih

2. Sisir rambut

Sebelum mandi dan keramas, sebaiknya rambut si kecil di sisir terlebih dahulu. Menyisir rambut ini bertujuan untuk merontokkan ketombe-ketombe yang menempel pada kulit kepala. Dengan demikian pada saat keramas nanti kulit kepala akan bisa dibersihkan secara maksimal.

Oiya moms, sebaiknya si kecil ini menggunakan sisir dan handuk sendiri ya karena kedua barang ini sngat rentan untuk dihinggapi kotoran yang dapat memperparah ketombe pada anak.

3. Cukupi kebutuhan gizi

Ketomber pada anak bisa di atasi dengan cara mengonsumsi yang kaya akan zinc dan vitamin B. Makanan yang dimaksud seperti ikan, daging, kuning telur, susu, salmon, biji-bijian dan lainnya.

Selain itu, berikna juga si kecil dengan makanan yang mengandung probiotik seperti keju cheddar, keju mozzarella, yoghurt, kimchi dan tempe. Makanan probiotik ini dapat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan meningkatkan fungsi imun tubuh serta dapat melawan infeksi jamur yang bisa menyebabkan munculnya ketombe.

4. Hindarkan dari stres

Si kecil juga bisa mengalami stress lho moms. Stres pada anak-anak ini juga bisa berakibat timbulnya ketombe pada anak. Oleh karena itu hindarkan si kceil ini dari hal-hal yang bisa membuatnya stres. Di rumah Moms bisa ciptakan suasana yang tenang, santai saat bercengkerama atau ngobrol. Silahkan baca juga manfaat minyak zaitun untk perawatan rambut.

5. Hindari menggunakan produk rambut

Biasanya orangtua ingin melihat anak-anaknya bisa tampil keren dan menarik dengan cara memberikan pakaian yang bagu dan cocok serta model dandanan rambut. Namun moms, saat ketombe melanda pada si kecil sebaiknya hindari penggunaan produk rambut apapun seperti gel, pomade atau bahkan hair spray.

Sahabat Mommy Baiti, untuk membersihkan ketombe pada anak dengan cara merontokannya bisa menggunakan baby oil yang dioleskan ke kulit kepala ya moms. Soalnya jika ketombe yang masih menempel tersebut langsung di garuk bisa menyebabkan lecet dan iritasi ada kulit rambut. Semoga bermanfaat ya moms.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar