Inilah Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun perlu dipahami oleh siapa saja agar bisa menjaga dan mempertahankan antibodi tubuh agar tetap kuat. Karena pada tubuh dengan antibodi yang baik, maka tubuh akan lebih kuat dalam menangkal serangan patogen berbahaya seperti virus, bakteri, kuman, dan parasit.

Jadi moms, daya tahan tubuh ini memegang peranan yang sangat karena menjaga agar tubuh tetap sehat dan juga untuk mencegah terjadinya infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang berada di pertahanan terdepan dalam meberikan perlindungan adalah sel darah putih yang bekerja dengan cara memakan dan menghancurkan mikroorganisme berbahaya lainnya.

Oleh karena itu wajib kiranya untuk senantiasa menjaga sistem kekebalan tubuh dengan cara rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan segar seperti yang terdapat pada buah dan sayur, tidur yang cukup dan lainnya. Terlebih masih dalam kondisi pandemi virus corona seperti saat ini yang membutuhkan imun tubuh yang kuat untuk menangkal serangan virusnya.

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh dapat menurun manakala terdapat bakteri, virus, parasit, dan jamur yang menyerang tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kondisi tubuh jadi lemah dan sakit. Selain itu kebiasaan-kebiasan sehari-hari yang tanpa disadari juga bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Begadang

Pola hidup yang tidak sehat bisa meyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, salah satunya adalah seringnya begadang. Sering begadang akan mengurangi jumlah kualitas waktu tidur yang jika ini terjadi berhari-hari maka sistem kekebalan tubuh bisa drop.

Banyak hal yang menjadikan orang begadang misalnya saja karena lembur kerja, bermain game, sibuk dengan smartphone hingga tak sadar sudah larut malam, nongkrong dan lainnya.

Tahukah moms, pada saat kita tidur yang terjadi pada umumnya adalah sel-sel dalam darah akan bekerja menjaga tubuh melawan infeksi.

Dengan demikian jika yang terjadi adalah kurang tidur maka akan dapat menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja secara efektif dalam melawan serangan kuman pneyakit dan juga infeksi. Dalam sebuah penelitian di University of Chigago menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur 4 jam dalam sehari hanya akan dapat menghasilkan antibodi sebanyak 50 persen saja dalam darahnya.

2. Kekurangan asupan nutrisi

Selanjutnya penyebab sistem kekebalan tubuh menurun adalah kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh antara lain seperti vitamin, antioksidan, mineral dan fitokimia. Untuk mencukupinya kita bisa mengonsumsi makanan seimbang seperti sayuran, buah-buahan, dan gandum utuh untuk meningkatkan sistem kekebalan.

Sebagai contoh adalah buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin C sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin. Jika tubuh membutuhakn tambahan vitamin C bisa dengan memenuhi asupannya dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin C.

Selain itu jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih yang mencukupi kebutuhan tubuh. Karena kekurangan cairan bisa menybabkan dehidrasi yang juga bisa menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun. Setiap organ dan jaringan yang ada di dalam tubuh manusia sangat bergantung pada air yang berfunsi untuk membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan lembab serta bermanfaat untuk menghindari segala jenis penyakit.

Dalam tubuh manusia, sebanyak 60% nya adalah terdiri dari air, maka jika sampai terjadi dehidrasi yang terjadi adalah tubuh kehilangan cairan yang tidak tergantikan. Namun untuk buang air kecil, buang air besar, dan berkeringat adalah hal wajar selama masih dalam batas normal. Oiya moms, jangan lewatkan juga manfaat vaksin untuk tubuh ya.

3. Stres

Kemungkinan stres bisa dialami oleh siapa saja seperti pelajar, pekerja dan lainnya. Tekanan pekerjaan dan masalah kehidupan lainnya bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan yang bila dibiarkan terus menerus dapat menimbulkan stres. Stres ini dapat merugikan kesehatan diri sendiri karena dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Oleh karena itu penting untuk dapat mengelola pikiran agar bisa mengurangi tingkat stres. Jika merasakan perasaan tegang, gelisah oleh sebab yang tidak jelas, sakit kepala, rasa sakit di dada bisa segera untuk mengatasinya dengan cara berolahraga, berwisata, refreshing atau lainnya karena itu merupakan gejala-gejala awal stres. Silahkan baca juga Alzheimer : gejala, penyebab dan pencegahannya.

Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang memperkirakan terdapat lebih dari 300 juta orang dari berbagai kelompok usia yang mengalami depresi. Depresi dan stres tidak hanya sekadar dapat menyebabkan gangguan mental, namun juga dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik karena berimbas pada sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Dalam dunia medis, stres/depresi dapat diartikan sebagai gangguan suasana hati yang ditandai dengan adanya perasa sedih, tidak semangat, kehilangan minat untuk melakukan hal yang biasanya disukai, dan rasa lelah atau kehilangan energi yang terjadi secara terus menerus.

Biasanya dalam kondisi ini diiringin juga dengan adanya perasaan rendah diri, penurunan konsentrasi, rasa tidak berharga, selalu merasa bersalah, gangguan nafsu makan serta pola tidur.

4. Malas beraktifitas

Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun selanjutnya adalah karena malas beraktifitas atau kurang gerak dan kebanyakan mager. Sahabat Mommy Baiti, kebiasaan kurang gerak atau malas beraktifitas ini merupakan kebiasaan buruk ya karena cenderung identik dengan malas. Dan yang terpenting adalah malas beraktifitas ini dapat merugikan kesehatan.

Terlalu lama duduk juga dapat mengakibatkan proses metabolisme tubuh menjadi melambat sehingga mengakibatkan makanan yang dikonsumsi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat terserap oleh tubuh. Padahal nutrisi yang terserap akan sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pembentukan sistem imun. Akibatnya adalah pada saat sistem imun tubuh melemah, maka virus dan bakteri akan lebih mudah masuk dan menyerang kesehatan tubuh.

Seperti yang dituturkan pada sebuah penelitian yang menybutkan bahwa dengan berolahraga secara teratur dapat membantu fungsi neutrofil (jenis sel darah putih) untuk membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan yang terkadang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karenanya rubah kebiasaan buruk ini ya, jalan-jalan disekitar rumah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho.

5. Paparan zat berbahaya

Sistem kekebalan tubuh dapat menurun jika terkena paparan zat berbahaya secara terus menerus seperti terkena asap rokok. Salah satu komponen rokok adalah Tar yang merupakan senyawa kimia yang terkumpul dari asap hasil dari pembakaran rokok. Pad saat asap rokok yang mengandung tar tersebut masuk ke dalam saluran pernapasan, maka tubuh akan mengalami berbagai rangsangan yang dapat memicu terjadinya penurunan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dapat dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membuat si perokok atau perokok pasif lainnya dapat lebih mudah untuk terserang penyakit karena infeksi.

Selain rokok, konsumsi alkohol juga dapat menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun karena dapat menimbulkan gangguan fungsi organ tubuh seperti hati, jantung, pankreas, dan sistem pencernaan. Jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang lama, dimungkinkan juga dapat merusak organ-organ tersebut.

Sahabat Mommy Baiti, demi menjaga agar kondisi tubuh tetap fit dan sehat sebaiknya menghindari kebiasaan-kebiasan buruk di atas ya karena dapat menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun. Oiya moms, ada baiknya juga membiasakan diri untuk berjemur di bawah sinar matahari langsung pada pagi hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh. Tidak perlu berlama-lama, cukup 15 menit saja yang dilakukan dalam seminggu bisa dua tau tiga kali saja.

Comment Policy: Silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan topik pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan aktif tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar